Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitasproduk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT.Matahari Jayatama TeknikaL

Eva Margareth Sarah, Roberto Roy Purba, Veni Anggraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada PT.Matahari Jayatama Tekikal Medan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada PT.Matahari Jayatama Teknikal Medan dimana penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan metode statistic. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pada PT.Matahari Jayatama Teknikal Medan. Hasil penelitian berdasarkan uji-t parsial untuk pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan ditunjukkan oleh t hit 1,924 dan t tabel sebesar 1,986 sedangkan untuk pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan ditunjukkan oleh t hitung 4,235 dan t tabel sebesar 1,986. Dengan membandingkan F hitung sebesar 14,236 dengan nilai F tabel = 3.95 artinya efektivitas kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.Koefisien Determinasi (R²) menunjukkan pada PT.Matahari Jayatama Teknikal Medan bahwa koefisien determinasi ( R²) yang diperoleh sebesar 0,240, Hal ini berarti 24,0% kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk sedangkan sisanya yaitu 76,0% keputusan dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya diluar penelitian ini , misalnya Harga , Promosi dll

Keywords


Kualitas Pelayanan , Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Ginting, Paham dan Helmi.2008. Filsafat Ilmu dan Metode Penelitian. Penerbit USU Press

Irawan, Handi ,2004. Indonesia Customer Satisfaction. Jakarta: PT.Elek Media Komputindo

,2008. Sepuluh Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT.elex Media Komputindo

Inka Sembiring Janita Dkk ,2014. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelangga. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 12, No.1

Kuswandi ,2004. Cara Mengukur Kepuasan Karyawan. Jakarta: PT.Elex Media Kumputindo Kelompok Gramedia

Kotler,Philip & Kevin lane,2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler,Philip & Gary Amstrong ,2008. Buku Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler,Philip ,2005. Manajemen Pemasaran Jilid i dan ii. Jakarta: PT.indeks

Kotler,Philip & Keller, Kevin Lane ,2003. Manajemen Pemasaran Jilid i. Jakarta: Erlangga

M.Nasution ,2005. Total Quality Management. Jakarta: Pt.Gramedia Pustaka Utama

M.Alfauzan ,2018. Jurnal Penelitian ,Konsep Pelayanan Publik. Medan : Program Pascasarjana Universitas Islam Negri Sumatera Utara

Ritzman dikutip dari Wibowo ,2010.Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers

Suyadi Prawiro Sentono ,2002. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: PT.Bumi Aksara

Sugiono ,2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta

Suryani & Hendryadi ,2015. Metode Riset Kuantitatif. Jakarta: Kenaca

Soedarmo H ,2006. Menjadi Kaya dengan UKM Otomatif Roda Dua. Jakarta: Kawan Pustaka

Schiffman ,Leon G & Kanuk, Leslie Lazar ,2004. Consumer Behavior. 8th edition. Pearson Prentice Hall

Tjiptono, Fandy ,2008. Manajemen Pemasaran. Malang: Bayumedia

.,2012. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: CV.Andi Offset

.,2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogayakarta: CV.Andi Offset

.,2012. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Rajawali Grapindo Persada

.,2007. Strategi Pemasaran. Edisi 1. Yogyakarta: CV.Andi Offset

.,2019. Service Quality dan Satisfacion. Yogyakarta: CV.Andi Offset

Umar H ,2005. Metode Riset Bisinis. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama

Umar H ,2003. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Wibosono, Dermawan ,2006. Manajemen Kinerja Konsep Desain dan Terbaik Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta: Erlangga

Zeithmal dan Bitner, 2003., Service Marketing Integrating Customer Focus Across Firm 3rd . The McGraw Hill Companies . Inc




DOI: https://doi.org/10.55357/sosek.v1i2.64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SOSEK: Jurnal Sosial dan Ekonomi published by BUNDA MEDIA GRUP is abstracting & indexing in the following databases:

  

Creative Commons License

licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License