Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Efektivitas Dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi

Sri Wahyuni Saputri, Qahfi Romula Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi kemudahan peggunaan, efektivitas, dan risiko terhadap  minat bertransaksi menggunakan financial technology (fintech) pada pelaku UMKM keripik sambal cap teri di Kelurahan Pandan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 43 responden UMKM keripik sambal cap teri di Kelurahan Pandan. Metode analisis data yang di gunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan bantuan software IBM SPSS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan peggunaan berpengaruh positif signifikan terhadap minat bertransaksi menggunakan financial technology (fintech), efektivitas berpengaruh positif signifikan terhadap minat bertransaksi menggunakan financial technology (fintech),dan risiko berpengaruh positif signifikan terhadap minat bertransaksi menggunakan financial technology (fintech). Karena dengan hasil perhitungan uji secara simultan (uji F) menunjukan dimana Fhitung= 29,984 > Ftabel= 2,85 dan nilai sig 0,000 < 0,05..


Keywords


persepsi kemudahan penggunaan, efektivitas, risiko, minat, financial technology (fintech)

Full Text:

PDF

References


Abdullah, I., & Siregar, S. K. (2018). Analisis Efektivitas Pajak Hotel Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan. Jurnal Ilmiah, 1(1), 1–13.

Arumi, A., & Yanto, H. (2019). Anteseden Penggunaan Layanan Electronic Banking di Kalangan Mahasiswa (Sebuah Kajian Technology Acceptance Model). Economic Education Analysis Journal, 8(1), 130–147.

Bahri, S., & Listiorini, L. (2019). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan Dan Kerahasiaan Dan Persepsi Kecepatan Terhadap Minat Wajib Pajak Dalam Menggunakan E-Filing Pada KPP Pratama Binjai. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 19(2), 159–170. https://doi.org/10.30596/jrab.v19i2.4680

Basalamah, R., Nurdin, N., Haekal, A., Noval, N., & Jalil, A. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Risiko Terhadap Minat Menggunakan Financial Technology (Fintech) Gopay Pada Generasi Milineal Di Kota Palu. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam- JIEBI, 4(1), 57–71.

Budiono, C. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Minat Menggunakan E-money Mandiri Di Cibubur Selama Pandemi.

Febriyani, D. A. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Minat Beli Online Pada Mahasiswa Ust Yogyakarta Pengguna Zalora. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(11), 1019.

Gunawan, A., Jufrizen, J., & Rahmawany, D. (2023). Improving MSME Performance Through Financial Literacy, Financial Technology, And Financial Inclusion. International Journal of Applied Economics, Finance and Accounting, 15(1), 39–52. https://doi.org/10.33094/ijaefa.v15i1.761

Hanifah, T. R., & Mukhlis, I. (2022). Pengaruh Efektivitas, Hedonis, Kemanfaatan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Mahasiswa Universitas Negeri Malang Dalam Menggunakan Layanan Shopeepay: Pendekatan Technology Acceptance Model. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 9(2), 69–83. https://doi.org/10.36987/ecobi.v9i2.2711

Hu, Z., Ding, S., Li, S., Chen, L., & Yang, S. (2019). Adoption Intention Of Fintech Services For Bank Users: An Empirical Examination With An Extended Technology Acceptance Model. Symmetry, 11(3), 1–16. https://doi.org/10.3390/sym11030340

Juliandi, A., Irfan, I., Manurung, S., & Satriawan, B. (2018). Mengolah Data Penelitian Bisnis Dengan SPSS. Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah AQLI.

Khoirunnisa, K. (2023). Efektivitas Pengawasan Atasan Langsung Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Di Dinas Perhubungan Kota Medan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial Dan Politik (JIMSIPOL), 3(1), 68–75.

Makmur, A. (2015). Efektivitas Penggunaan Metode Base Method Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP N 10 Padangsidempuan. JURNAL EduTech, 1(1), 1–15. http://dx.doi.org/10.30596%2Fedutech.v1i01.264

Marisa, O. (2020). Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas, Dan Risiko Berpengaruh Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology. Jurnal Administrasi Kantor, 8(2), 139–152.

Martineli, I. (2021). Menilik Financial Technology Dalam Bidang Perbankan. Jurnal Somasi Sosial Humaniora Komunikasi, 2(1), 32–43.

Maulidya, N. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Risiko dan Efektivitas terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Platform Crowdfunding Berbasis QR Code. Journal of Comprehensive Islamic Studies, 1(2), 325–354. https://doi.org/10.56436/jocis.v1i2.146

Mujiatun, S., Jasin, H., Fahmi, M., & Jufrizen, J. (2022). Model Financial Technology (Fintech) Syariah Di Sumatera Utara. Owner, 6(3), 2830–2839. https://doi.org/10.33395/owner.v6i3.893

Nadhilah, P., Jatikusumo, R. I., & Permana, E. (2021). Efektifitas Penggunaan E-Wallet Dikalangan Mahasiswa Dalam Proses Menentukan Keputusan Pembelian. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 4(2), 128–138. https://doi.org/10.35914/jemma.v4i2.725

Nasir, F. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas Dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Aplikasi OVO Studi Pada Mahasiswa S1 Universitas Sarjanawiyata Tamansia. Jurnal Investasi, 7(1), 36–43.

Noviyanti, A., & Erawati, T. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan Dan Efektiviyas Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology (Fintech) (Studi Kasus : UMKM Di Kabupaten Bantul). Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Finansial Indonesia, 4(2), 65–74.

Nurdin, N., Azizah, W. N., & Rusli, R. (2020). Pengaruh Pengetahuan, Kemudahan Dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Finansial Technology (Fintech) Pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Jurnal Perbankan Dan Keuangan Syariah, 2(2), 199–222.

Pramella, J. I., & Soleha, E. (2023). Pengaruh Efektivitas, Kepercayaan Dan Resiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Fintech (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Pengguna M-banking). SEIKO: Journal Of Management & Business, 6(1), 799–811. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4040

Putra, I. P. A. P. A., Sukaatmadja, I. P. G., & Giantari, I. G. A. K. (2016). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, Terhadap Kepercayaan Dan Niat Beli E-Ticket Pada Situs Traveloka. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 5.9, 9(1), 3007–3030.

Putri, R., & Siregar, Q. R. (2022). Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan Dan Literasi Keuangan terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pada Pelaku UMKM Ayam Penyet Di Desa Laut Dendang. JURNAL AKMAMI : Jurnal Akuntansi, Manajemen, Ekonomi, 3(3), 580–592.

Rini, D. P., & Sulistiyowati, L. N. (2022). Minat Bertransaksi Sebagai Variabel Moderasi Keputusan Penggunaan Financial Technology. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 08(02), 214–227.

Saputro, E. P., & Setyaningrum, D. P. (2019). Dilema Risiko Dalam Adopsi Fintech. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers, 1(1), 167–175. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/semnasfe/article/view/2081

Setiawan, A., Rofingatun, S., & Patma, K. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahaan Penggunaan, Efektivitas, Risiko Terhadap Minat Dan Penggunaan Financial Technologi (Fintech) Dengan Minat Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Daerah, 15(2), 35–48. https://doi.org/10.52062/jakd.v15i2.1623

Sihombing, D. A., & Juliasari, F. A. (2022). Analisis Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Pembelian Konsumen Gofood Di Kalangan Mahasiswa IBM asmi. NCBMA, 1(1), 21–28.

Siswanti, T. (2022). Analisis Pengaruh Manfaat Eonomi, Keamanan Dan Risiko Terhadap Minat Pengunaan Financial Technology (Fintech) (Study Kasus pada Masyarakat di Wilayah Kecamatan Bekasi Timur). Jurnal Bisnis & Akuntansi Unsurya, 7(2), 89–105. https://doi.org/10.35968/jbau.v7i2.899

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R &D, Alfabeta. Denzin, NK, & Lincoln, S. Yvonna.

Susanto, H., Wathan, H., & Fadhillah, D. (2021). Pengaruh Efektivitas Dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Pada Fintech. Jurnal Konferensi Nasional Dan Engineering Polikteknik Negeri Medan, 1(1), 471–476.




DOI: https://doi.org/10.55357/sosek.v4i1.450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SOSEK: Jurnal Sosial dan Ekonomi published by BUNDA MEDIA GRUP is abstracting & indexing in the following databases:

  

Creative Commons License

licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License